Sabtu, 04 Februari 2012

Merawat Aquascape








Pada dasarnya, sebuah aquarium air tawar aquascape membutuhkan keseimbangan pada kualitas air, suhu, cahaya, dan nutrisi agar kondisinya tetap sehat. Kelebihan maupun kekuarangan dari hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan biota dalam aquascape. 
Berikut ini adalah cara perawatan aquascape yang  dapat anda lakukan sendiri:
Penggantian air
Pada minggu-minggu awal selesainya setting aquascape, gantilah air 1 minggu sekali sebanyak 30-50%. Setelah umur aquascape sudah lebih dari 1-2 bulan, maka anda dapat melakukan pergantian air lebih jarang (misalnya 2-3 minggu sekali), hal ini mampu mencegah pertumbuhan alga.
Pemupukan
Setelah beberapa waktu tertentu setelah selesai setting, maka nutrisi dari pupuk dasar aquascape akan terus berkurang. Oleh karena itu dibutuhkan pemupukan tambahan. Untuk tanaman air yang menyerap nutrisinya melalui daun dan batang, seperto moss, kandaka,anubias yang diikatkan pada batu atau kayu gunakanlah pupuk cair. Sementara untuk tanaman air yang dominan menggunakan akarnya untuk menyerap nutrisi, berikanlah pupuk dalam bentuk tablet yang tinggal ditancapkan. Pemberian pupuk haruslah sesuai dengan dosis yang dianjurkan, kelebihan ataupun kekurangan dosis akan menyebabkan dampak yang negatif bagi aquascape.

Cek berbagai kelengkapan lain
Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan:
·        Periksalah apakah tabung gas CO2 anda masih terisi/hampir habis
·        Periksalah dosis CO2 yang dimasukkan ke dalam aquarium anda,
·        Periksalah keadaan lampu anda, apakah cahayanya mulai redup, mati, dsb
·        Cuci filter secara berkala.filter yang sudah terlalu kotor dapat menghambat aliran air.
·        Pastikan bahwa saluran filter tidak tersumbat
·        Bersihkan chiller secara berkala
·        Periksalah apakah timer yang anda gunakan masih berfungsi dengan baik
Pemangkasan (triming)
            Bila tanaman air anda sudah semakin rimbun, atau malah terkesan berantakan, pangkas tanaman tersebut sesuai selera anda. Pemangkasan berkala akan mencegah kematian tanaman-tanaman foreground akibat terhalangnya cahaya yang disebabkan oleh tanaman-tanaman aquascape yang lebih tinggi. pemangkasan pada tumbuhan juga dapat merangsang  pertumbuhan tunas baru yang akan menambah rimbun.

Sifon
Terkadang sisa-sisa material mati seperti tanaman, ikan, udang, atau sisa pakan ikan yang berlebih mengendap di dasar aquarium. Bila kita menunggu proses alami penguraiannya, ini akan memakan waktu cukup lama dan membahayakan kehidupan di dalam aquascape anda. Oleh karena itu, material-material tersebut apabila dirasa cukup menggangu, hendaknya segera dibersihkan dengan cara disifon, yakni dikeluarkan dengan menggunakan selang penyedot.
Terima jasa perawatan aquascape untuk wilayah Bogor,Depok, Jakarta.Yusuf 0857 1961 3592

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar