Rabu, 16 November 2011

Cahaya Lampu untuk Aquascape

Pencahayaan dari Lampu-lampu menghasilkan energi bagi tanaman akuarium untuk hidup dan dibutuhkan untuk metabolisme atau fotosintesis (guru SD bilang memasak di daun). Pencahayaan akuarium yang kuat akan membuat pertumbuhan tanaman lebih cepat dan meningkatkan nilai pH air akuarium.Tumbuhan akuarium memerlukan CO2 lebih, termasuk gizi lain yang dibutuhkan bagi tanaman untuk hidup.
 
Namun, jika
lampu akuarium tidak cukup kuat, sementara  CO2
berjumlah besar maka berakibat CO2 dalam akuarium akan berlebihan, akibatnya fotosintesis (memasak makanan pada daun) tanaman akuarium tidak dapat sempurna.


Karena fotosintesis terjadi membutuhkan cahaya, cahaya merupakan suatu keharusan bagi tanaman agar sehat. Sinar matahari alami terdiri dari sejumlah gelombang cahaya yang memiliki panjang gelombang yang berbeda. Pigmen klorofil (zat hijau daun) tanaman akan menyerap hanya gelombang cahaya tertentu.

Sinar matahari juga akan mendorong pertumbuhan alga. Paparan sinar matahari yang lama juga akan memanasi air. Karena itu Cahaya buatan  lebih dianjurkan untuk tanaman yang tumbuh di akuarium. Spektrum penuh atau lampu neon spektrum yang luas sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman. Akuarium biasanya membutuhkan sekitar 1,5 watt cahaya per galon air dan durasi 8-12 jam cahaya per hari. Tentu saja, jika akuarium Anda di dalam ruangan, Anda mungkin perlu watt (daya) tambahan, dan perlu menjaga cahaya selama berjam-jam lagi. Menggunakan kerikil berwarna terang merupakan cara yang bai, terutama untuk  untuk sebuah akuarium yang dalam.