Jumat, 11 November 2011

GREEN ROOF (TAMAN ATAP)






 
Green roof merupakan penghijauan yang dilakukan di atap bangunan. 
Pembuatan green roof dapat dilakukan jika bangunan sangat kokoh untuk menopang atap sekaligus tanaman yang tumbuh di atasnya.

Atap harus dibuat jalur untuk air dapat megalir dan juga dapat membasahi media tanam saat penyiraman, biasanya untuk atap harus dibuat lapisan-lapisan yang dapat mencegah air merembes atau bocor ke dasar atap, memang cukup mahal untuk mewujudkan "hijau dan berbunga" di atap rumah kita.

Beberapa keuntungan dari green roof adalah penyerapan panas dari radiasi matahari sehingga suhu di dalam rumah tetap dingin walau tanpa alat pendingin ruangan, dan mampu mengurangi polusi udara karena sifat tumbuhan yang selalu menghisap CO2, bahkan kalu mau lebih extrim lagi kita bisa memelihara kambing, kelinci atau hewan herbivora lainnya.Hahahaha.....

Di negara luar Indonesia green roof sudah banyak terwujud, bahkan ada perkampungan yang hampir semua penduduknya membuat green roof atau menghijaukan atap rumahnya. 
 
Bangunan sekolah seni dan desain di Singapore.

Saya pribadi ingin memiliki rumah yang ada taman di atapnya, tapi saat ini yang sudah saya coba baru vertikal garden (taman berdiri). Semoga 'coretan dinding' ini menambah inspirasi bagi anda untuk membuat bumi tetap hijau.

0 komentar:

Posting Komentar