Jumat, 20 Mei 2011

TRANSMISI KOMBINASI PADA KONVEYOR

Umumnya sebagai peggerak utama konveyor adalah motor listrik yang memiliki kecepatan putar masih terlalu tinggi dengan torsi yang rendah, sehingga tidak tepat diterapkan langsung pada pemutar roler (penarik) sabuk konveyor, maka dibutuhkan rasio putaran yang tinggi. 

Transmisi roda gigi  hanya tersedia dengan rasio-rasio reduksi diskrit, maka outputnya harus sering dikurangi sebelum memenuhi kebutuhan konveyor. 
 gbr.1 transmisi roda gigi

Transmisi rantai dan sprocket baik untuk kecepatan putaran rendah dengan torsi besar, tetapi elemen rantai yang terbuat dari logam kurang cocok untuk putaran tinggi karena akan ada gaya sentripetal dan sentrifugal yang akan mempengaruhi umur rantai. 

 gbr.2 Transmisi Rantai
 
Transmisi sabuk mampu digunakan pada kecepatan tinggi sehingga cocok untuk reduksi tingkat pertama dari motor listrik dan motor bakar tetapi tidak cocok untuk kecepatan rendah karena akan terjadi slip antara sabuk dan puli.

Transmisi kombinasi dari tiga sistem transmisi sangat cocok digunakan untuk mereduksi atau menurunkan putaran dengan tingkat rasio (perbadingan putaran) yang tinggi 
Kekurangandari sistem transmisi kombinasi ini adalah membutuhkan ruang yang relatif besar, tapi dengan desain penempatan yang baik sistem inipun tidak akan mengganggu penampilan suatu mesin. 

kami melayani pembuatan mesin-mesin industri 
  • Pertanian, antara lain: mesin perontok, (padi, jagung), mesin pengolah sampah organik (pencacah kompos, pengayak kompos, pengering, konveyor, granul), alat bajak (mini traktor), dll.
  • Makanan, antara lain: sealer cup (penyegel gelas plastik), penyegel botol kaca, mixer (pengaduk adonan), pengisia botol otomatis, vermentasi, dll.
  • Alat angkat (manual, semi otomatis, otomatis), scissor lift, mono hidraulik penggerak motor listrik, hidrolik dan peumatuk.
  • 'diskusi' tugas akhir skripsi (jurusan teknik mesin: konversi energi dan manufaktur)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar